Rabu - 13 Dec 2017
SELAMAT DATANG DI WEBSITE YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-LAYYINAH
Prediksi Awal Bulan Syawwal 1433 Hijriyah.
12-Aug-2012

Awal Ramadhan tahun ini telah dimulai pada hari yang berbeda-beda di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini sudah nampak dari kalender yang dibuat oleh masing-masing kelompok yang mencantumkan angka 1 Ramadhan pada tanggal yang berbeda. Muncul pertanyaan lagi "Apakah lebaran tahun ini juga berbeda?". Jawabannya tentu  bisa bareng bisa juga berbeda, tapi semoga jangan terlalu khawatir sebab berdasarkan kalender yang beredar di masyarakat Insya Allah lebaran tahun ini akan kita rayakan bersama-sama, kecuali mungkin beberapa kelompok masyarakat yang mendasarkan pada hitungan tradisional sehingga hasilnya berbeda.

Sabtu, 18 Agustus 2012 sore merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1433 Hijriyah bertepatan 29 Ramadhan 1433. Hal ini berdasarkan pada Taqwim Standard Indonesia dan hasil rukyat pada bulan sebelumnya yang menyimpulkan sama, walaupun kalender yang mendasarkan pada kriteria wujudul hilal menyimpulkan berbeda.

Hari itu dari Pos Observasi Bulan Bukit Bela-belu Parangkusumo, Matahari terbenam pada pukul 17:39 WIB pada azimuth 282°53' atau 22,9° di Utara titik Barat. Tinggi Hilal saat Matahari terbenam 7°21' atau 7,3° di atas ufuk mar'i di kiri-atas Matahari. Bulan terbenam pada 18:10 WIB pada azimuth 274°43'. Pada kondisi seperti ini secara astronomis Hilal berpeluang dirukyat baik menggunakan mata telanjang maupun teleskop. Namun demikian kesimpulan awal bulan masih menunggu laporan kegiatan rukyat.

RHI Yogyakarta akan melakukan rukyatul hilal secara resmi bersama Tim BHR DIY di POB Bela-belu Parangkusumo Yogyakarta pada Sabtu, 18 Agutus 2012 di POB Bela-belu Parangkusumo, Bantul Yogyakarta. Seperti halnya tahun lalu, tahun ini juga RHI Yogyakarta menjadi salah satu Tim rukyat nasional dari 16 lokasi Rukyat Nasional di Indonesia kerjamasama antara BHR Kemenag DIY, Telkom DIY, Kominfo dan Bosscha. Tahun ini menyusul RHI Solo dan RHI Kudus juga menyusul menjadi salah satu anggota Tim. Hasil Streaming online Hilal 2012 ini dapat dilihat di website berikut : 

http://hilal.kominfo.go.id . http://bosscha.itb.ac.id/hilal . http://rukyatulhilal.org/live
Lokasi Rukyat :  http://maps.google.com/maps?ll=-8.0216556,110.32307&z=17&t=h&hl=en

Sumber : http://rukyatulhilal.org/visibilitas/indonesia/1433/syawwal/index.html




Pepaya bisa Mencegah Kanker ?
Sakit Gigi.
Obat Bebas
Perluasan Masjidil Haram Al Mukarromah
Ketika Anak Terlambat Datang Sekolah

Arsip
Menu Utama
Follow Us
Portal Sekolah
Counter Pengunjung

Total pengunjung

209635

Jumlah Pengunjung

Yang Online Sekarang: 1

Hari ini : 53


Informasi Guru